Print this page

Realisasi Dana Desa Tahap I untuk Kabupaten Gianyar

Rate this item
(0 votes)

Dalam Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2015 tentang Rincian APBN 2015, pagu anggaran Dana Desa untuk Kabupaten Gianyar ditetapkan sebesar Rp19,166 miliar yang dialokasikan untuk 64 Desa. Sedangkan Dana Desa untuk Kabupaten Badung ditetapkan sebesar Rp13,826 miliar yang dialokasikan untuk 46 Desa.


Dari nilai pagu tersebut, Dana Desa Tahap I yang telah terealisasi untuk Kabupaten Gianyar adalah sebesar Rp7,666 miliar yang merupakan 40% dari alokasi total untuk kabupaten tersebut. Sementara itu, untuk Kabupaten Badung, Dana Desa Tahap I yang telah disalurkan adalah sebesar Rp2,293 miliar atau 40% dari Alokasi total Dana Desa 2015 untuk kabupaten tersebut.

Menurut  Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hadiyanto, yang menjadi tantangan saat ini adalah kesiapan untuk menyusun perencanaan pembangunan dan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa secara tepat, terukur, dan transparan sesuai dengan potensi dan prioritas kebutuhan desa. “Bagaimana kesiapan untuk mengelola keuangan desa secara berhati-hati, transparan, dan akuntabel guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di desa,” tegasnya saat membuka acara Sosialisasi Dana Desa di Gianyar dan Badung, Bali pada Kamis dan Jumat

Read 215 times